Jadwal Kuliah Prodi Ahwal Syakhshiyyah (AS) T.A. 2017/2018 :: Problematika Pemanfaatan Harta Wakaf oleh Dr. Nur Aris, M. Ag. :: MEMERANKAN EKONOMI SYARIAH DALAM KEHIDUPAN PEREMPUAN Sebagai Catatan Pembuka oleh Lina Kushidayati, SHI., MA. :: Infertilitas Sebagai Alasan Gugatan Cerai oleh H. Fu`ad Riyadi, Lc., M. Ag. :: Bencana Besar Itu Bernama "LGBT" oleh Dr. Any Ismayawati, M. Hum. ::

Profil


 

Profil Program Studi Ahwal Syakhsiyyah

 

Program Studi Ahwal Syakhsiyyah Institut Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus merupakan salah satu program studi yang diminati masyarakat Pantura khusunya dan wilayah lain pada umumnya. Program Studi Ahwal Syakhsiyyah berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Binbaga Islam Depag RI Nomor E/366/1998 Tahun 1998 tanggal 12 Nopember 1998.

Dengan Visi “Menjadi Program studi unggulan dalam pengembangan ilmu hukum berbasis Islam terapan yang profesional pada tingkat Nasional tahun 2022”. Menjadikan Prodi Ahwal Syakhsiyyah mampu bersaing dengan lembaga lain untuk mengembangkan ilmu hukum berbasis islam terapan yang profesional. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan Prodi Ahwal Syakhsiyyah dalam peluang kerjanya. Karena kelebihan inilah Program Studi ini diharapkan menjadi salah satu program studi unggulan di lingkungan STAIN Kudus bahkan di Indonesia.

Program Studi Ahwal Syakhsiyyah menjadi pintu harapan bagi mereka yang ingin berprofesi sebagai praktisi hukum. Yaitu, a) Hakim, dengan deskripsi profil mencakup kemampuan dalam menerima, memeriksa, mengadili, menyelesaikan, dan memutuskan setiap perkara yang diajukan ke semua lembaga peradilan; menyelesaikan perkara perdata, perdata Islam, pidana, dan administrasi Negara; serta mampu menggali dan menemukan nilai-nilai hukum yang hidup dalam masyarakat dan memberikan pendapat hukum jika diminta masyarakat. b) Advokat/Konsultan, dengan deskripsi profil mampu menjadi advokat setelah menempuh pendidikan profesi khusus advokat, menyelesaikan permasalahan/sengketa perdata, pidana dan administrasi negara baik secara litigasi maupun non litigasi. c) Panitera dengan deskripsi profil mampu menyelenggarakan administrasi perkara di pengadilan, melaksanakan penetapan dan putusan pengadilan serta membuat akta banding, akta kasasi, akta peninjauan kembali. d) Penghulu, dengan deskripsi profil yang mampu menangani persoalan-persoalan kepenghuluan yang ada di KUA

Sampai saat ini, ratusan mahasiswa sedang menempuh pendidikan di Program Studi Ahwal Syakhsiyyah, diajar oleh para dosen berkualifikasi doktor dan magister di bidangnya masing-masing. Para dosen juga sering diikutsertakan dalam forum-farum nasional dan internasional untuk menambah wawasan dan kemampuan keilmuan. Para dosen juga difasilitasi untuk studi program doktor untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasinya.

Fasilitas Pembelajaran juga sangat memadai meliputi ruang kelas, serta media pembelajaran lainnya seperti, LCD Projector, White Board dan E-Learning, dengan ruang kelas yang ber AC yang dapat dimanfaatkan oleh para dosen dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu Program Studi mempunyai laboratorium Ibadah dan laboratorium profesi Ahwal Syakhsiyyah 

Suasana Akademik diciptakan sekondusif mungkin dengan cara melibatkan mahasiswa dan dosen dalam penyelenggaraan seminar dan diskusi, baik di tingkat lokal maupun nasional; selain itu juga hubungan mahasiswa dan dosen tidak hanya dilakukan di dalam ruang kelas, tetapi dosen juga memberikan arahan dan bimbingan yang berhubungan dengan akademik bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran melalui pembimbingan akademik.

Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Artikel

>> Lihat Semua Artikel

Agenda

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube