Jadwal Kuliah Prodi Ahwal Syakhshiyyah (AS) T.A. 2017/2018 :: Problematika Pemanfaatan Harta Wakaf oleh Dr. Nur Aris, M. Ag. :: MEMERANKAN EKONOMI SYARIAH DALAM KEHIDUPAN PEREMPUAN Sebagai Catatan Pembuka oleh Lina Kushidayati, SHI., MA. :: Infertilitas Sebagai Alasan Gugatan Cerai oleh H. Fu`ad Riyadi, Lc., M. Ag. :: Bencana Besar Itu Bernama "LGBT" oleh Dr. Any Ismayawati, M. Hum. ::

HMJ Syariah dan Ekonomi Islam mengadakan Pelatihan Falaq Untuk Mahasiswa Prodi AS

Diposting oleh : AS - STAIN KUDUS
Minggu, 03 Maret 2019 - 14:33:04 WIB


Manusia dan jin diciptakan oleh Allah SWT adalah untuk menyembah (beribadah) kepada-NYa, sebagaimana dijelaskan dalam kalamullah Q.S. Adz-Dzaariyaat ayat 56. Berkaitan dengan hal tersebut, ilmu falaq dalam kehidupan umat Islam memiliki fungsi yang fundamental. Dengan ilmu falaq kaum muslim dapat mengetahui arah kiblat, mengetahui datangnya waktu sholat, waktu puasa ramadhan, berbuka puasa, waktu imsak, adanya gerhana matahari, gerhana bulan dan lain-lain. Ibadah merupakan kebutuhan muslim, kehadiran ilmu falaq membuat ibadah menjadi lebih terbimbing dan tepat sesuai dengan waktu-waktu pelaksanaannya.

Hal tersebut diatas merupakan latar belakang yang mendorong Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Syariah dan Ekonomi Islam menyelenggarakan Pelatihan Falaq "Mekanisme Pembuatan Jadwal Imsakiyah dan Penentuan Arah Kiblat". Fokus kajian dalam tema hanyalah sebagian dari kompleksitas bab yang dipelajari dalam ilmu falak, meskipun demikian adanya pelatihan itu mencerminkan niat bahwa HMJ berusaha melestarikan ilmu falaq serta mempertajam pemahaman terhadapnya kepada setiap mahasiswa syariah dan ekonomi Islam khususnya prodi Ahwal Syakhshiyyah.

Foto: Sayful Mujab, MSI. dosen Ilmu Falaq IAIN Kudus menyampaikan materi.


Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Artikel

>> Lihat Semua Artikel

Agenda

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube